Tips Memulai Usaha Kecil atau Besar dan Mencapai Kesuksesan

Tips Memulai Usaha Kecil atau Besar dan Mencapai Kesuksesan
4.3 (86%) 10 votes

Tips memulai usaha ini saya awali dengan kisah cerita yaitu Dulu Om saya yang sukses berbisnis kayu dan kontraktor di Papua berkata, kalau kamu ingin meraih kesuksesan yang cepat dan besar maka beranilah berwirausaha. Om saya awalnya adalah seorang pegawai negeri. Dengan gaji yang sudah pasti. Dengan hidup yang sudah pasti terjamin. Kalau mau lebih harus korupsi walau kecil-kecilan hehehehehee…. Namun sebelum kami melanjutkan tips memulai usaha bagi pemula ini, kami referensi kan bagi anda sebuah artikel menarik kami yaitu, Walahh…Ini Dia Aplikasi Yang Menyebabkan Kuota Internet Anda Cepat Habis

Nah sobat DuniaTips.com mengapa tips memulai usaha dari Om saya ini dikemudian hari saya rasa penuh dengan kebenarannya, karena ketika kita memutuskan untuk berwirausaha maka kita yang menjadi bos sekaligus pekerjanya. Artinya jika kita mau makan hari ini dan besok maka kita harus bekerja keras. Kalau tidak maka tidak ada uang untuk bisa mengepulkan asap dapur, alias kagak makan.

tips memulai usaha, tips memulai usaha bagi pemula, tips memulai usaha kuliner, tips memulai usaha baru, tips memulai usaha butik

Tentu rasa takut dan kecemasan ini jika diolah dengan baik bisa menjadi motivasi yang sangat besar untuk bekerja, bekerja dan bekerja serta belajar, belajar dan belajar. Seharusnya ini bisa menjadi kekuatan besar untuk meraih kesuksesan, karena nantinya tanpa kita sadari semua yang ada di dalam diri kita terarah pada mencapai kesuksesan. Jika sudah seperti ini maka kesuksesan hanya masalah waktu saja.





Nah sobat tentu saja memulai usaha baiknya dari hal-hal sederhana. Atau jika anda ingin langsung memulai usaha besar maka perencanaan dan persiapan yang lebih lengkap tentu sangat dibutuhkan. Untuk itu kami memberikan Enam (6) Tips Memulai Usaha. Tips ini bisa bermanfaat sebagai Tips memulai usaha kuliner atau tips memulai usaha butik atau tips memulai usaha apa saja:

tips memulai usaha, tips memulai usaha bagi pemula, tips memulai usaha kuliner, tips memulai usaha baru, tips memulai usaha butik

  1. Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.
  2. Jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.
  3. Perbudak diri sendiri. Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.



  4. Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat Anda harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.
  5. Jual kelebihannya, bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya.Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.
  6. Ketahui angka dasar. Mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Anda akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari. Jika Anda tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang.

tips memulai usaha, tips memulai usaha bagi pemula, tips memulai usaha kuliner, tips memulai usaha baru, tips memulai usaha butik

Nah sobat DuniaTips.com, demikian tips memulai usaha baru kami di atas. Kami berharap tekad anda untuk memulai usaha sudah mulai bertumbuh. Jangan takut sebelum mencobanya. Persiapkan dan pertimbangkan, dan mulailah dengan usaha kecil-kecilan jika anda masih ragu-ragu. Semoga Tips Memulai Usaha yang kami berikan di atas dapat memotivasi anda, atau bahkan bagi anda yang sudah yakin untuk memulai usaha kecil atau besar dapat menambah wawasan dengan tips kami di atas.

Sebagai penutup berikut kami sajikan video pendek tips memulai usaha dari Dahlan Iskan. Semoga video dari Youtube ini bisa semakin menambah pengetahuan anda. Sukses selalu: